Rabu, 09 Januari 2013

Cara Merawat Baterai Laptop/Notebook Dengan Benar Agar Tidak Cepat Rusak


Laptop/notebook salah satu alat elektronik teknologi canggih yang menggunakan sarana pendukung baterry charge untuk mengoperasikannya. Laptop/notebook memiliki kegunaan yang sama dengan komputer yang walaupun terdapat persamaan dan perbedaannya. Satu dari sekian banyak persamaan kedua teknologi canggih yaitu sebagai sarana pengolah data dan penyimpan data kapan saja.

Komputer dan laptop juga banyak dipergunakan sebagai alat untuk mencari dan mendapatkan informasi di dunia online internet khususnya pada Warnet.

Sementara perbedaan diantara keduanya antara lain komputer tidak bisa dibawa kemana kita pergi sedangkan Laptop/notebook dapat dipakai dimana kita inginkan karena laptop bentuknya lebih ramping dan tidak berat (ringan) ditenteng kemana-mana.
Laptop-Komputer
Gambar: Lap top
Persamaannya lain kedua alat ini adalah data yang tersimpan di dalamnya tidak hanya berupa teks saja akan tetapi gambar bahkan video. Data yang akan disimpan tersebut baik data dibuat langsung di dalamnya komputer/laptop itu sendiri maupun ditransfer menggunakan sarana pendukung seperti flash disk.

Alat elektronik yang pada awal mulanya ditemukan Konrad Zuse seorang insinyur Jerman tahun 1941 tujuan awal dirancangannya adalah untuk merancang (design) pesawat terbang dan peluru kendali.

Terkait dengan Laptop/notebook saya ingin membagi tips ringan cara merawat barang kesayangan anda. Apa yang diuraikan di bawah ini berdasarkan pengalaman pribadi saya selama menggunakan Laptop.

Saya pernah mengalami pengalaman yang kurang menyenangkan karena baterai laptop saya belum mencapai umur 1 (satu) tahun sudah drop atau hanya dapat bertahan kurang dari 30 menit. Selidik demi selidik ternyata penyebab cepat aus baterai (batterey) akibat overcharge (kelebihan masa charge).

Atas kejadian ini saya harus mengeluarkan biaya lagi untuk membeli battery baru demi merawat laptop saya agar awet dipakai. Pada waktu itu saya beli baterai baru di tempat saya sebesar Rp. 950.000 (sembilan ratus lima puluh ribu rupiah).

Bagi pengguna lapot/notebook yang tidak mengingingkan kejadian serupa dapat mengikuti saran pemakainnya berikut ini. Cara merawat battery Laptop/Notebook agar lebih awet dipakai dapat ditempuh antara lain:
  1. Charge baterai laptop/notebook sesuai petunjuk laptop/notebook
  2. Charge baterai laptop/notebook segera apabila pentunjuk laptop sudah memintanya (lampu merah).
  3. Cabut kabel penyambung arus charge listrik yang dihubungkan dengan laptop/notebook apabila lampunya sudah menandakan biru. Letak lampu petunjuknya tergantung dari jenis dan merek laptop/notebook yang anda pakai.
  4. Pada saat mengoperasikan/menggunakan Laptop/Notebook usahakan menggunakan Cool pad (kipas pendingin). Hal ini dilakukan untuk melindungi agar laptop/note tidak cepat panas (overheating)
  5. Apabila menggunakan Cool pad ketika mengoperasikan laptop/notebook usahakan memakai penyambung arus listrik yang berbeda dengan laptop/notebook atau jangan ambil arusnya langsung dari laptop/notebook. Hal ini untuk mengurangi beban baterai.
  6. Jangan mematikan Laptop secara tiba-tiba jika masih ada software aplikasi komputer yang diaktifkan namun belum ditutup (close)
  7.  Hindarkan semaksimal mungkin agar laptop tidak mati tiba-tiba/mendadak. Hal ini terjadi karena pengguna kurang memperhatikan lampu petunjuk kekuatan baterai. Dampak dari laptop mati mendadak pada baterei laptop tersebut akan terlihat tanda silang.
Tips ini merupakan salah satu kiat dari sebagian banyak cara lain untuk menjaga dan merawat sarana pendukung Laptop/Notebook yang dipakai sehingga dapat bertahan lama dan awet sesuai kualitasnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar